Pelaksaan Asesmen Kompetensi Madrasah Ibtidaiyah (AKMI) dilaksanakan pada tanggal 08 hingga 17 November 2021. Sedangkan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) dilaksanakan pada tanggal 24 dan 25 Novembe 2021. Asesmen Kompetensi Madrasah Ibtidaiyah (AKMI) dan Asemen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) sendiri merupakan penilaian yang komprehensif untuk mendiagnosis kelebihan dan kelemahasan siswa pada literasi membaca, literasi numerasi, literasi sains dan literasi sosial budaya pada jenjang MI. Hasil asesmen dapat digunakan oleh Guru dan Madrasah untuk memperbaiki layanan pendidikan yang dibutuhkan siswa sebagai dasar untuk menyusun suatu rancangan perbaikan pembelajaran. Melalui kedua asesmen tersebut, mengajak seluruh civitas madrasah untuk membuka paradigma dalam penguatan pembelajaran berfokus pada peningkatan kemampuan berpikir atau bernalar dalam literasi membaca, literasi numerasi, literasi sains dan literasi sosial budaya. Pengembangan literasi diterapkan oleh seluruh mata pelajaran agar menghasilkan lulusan madrasah yang memiliki keterampilan lebih tinggi dalam memecahkan masalah-masalah berbasis saintifik, dan bersifat humanis. Asesmen tersebut berfungsi sebagai : a) Bahan pemetaan mutu pendidikan di Madrasah, b) Bahan referensi akademik dalam mendiagnosa dan tindak lanjut perbaikan proses pembelajaran, c) Sebagai bahan dalam menyusun program maupun intervensi kebijakan pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah.
Pelaksanaan Asesmen Kompetensi Madrasah Ibtidaiyah (AKMI) di MINU Bululawang terdiri dari 4 periode, yaitu periode 1 : tanggal 8-9 November 2021, periode 2 : tanggal 10-11 November 2021, Periode 3 : tanggal 13 dan 15 November 2021 dan Periode 4 : tanggal 16 – 17 November 2021. Setiap periode terdiri dari 2 sesi. Sesi 1 dimulai pukul 07.00 – 08.30, sedangkan sesi 2 dimulai pukul 10.45 – 14.00. Asesmen Kompetensi Madrasah Ibtidaiyah (AKMI) ini diikuti oleh seluruh Peserta didik kelas 5 yang sudah terdaftar dalam EMIS Madrasah, yaitu 136 peserta didik. Sedangkan untuk Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) diikuti oleh 30 peserta didik utama dan 5 peserta didik cadangan. Pelaksanaan AKMI dan ANBK di Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama (MINU) Bululawang dilaksanakan secara mandiri bertempat di laboratorium komputer madrasah. Secara umum pelaksanaan asesmen tersebut berlangsung dengan lancar. Beberapa kendala teknis dapat diatasi dengan lancar tanpa menganggu pelaksanaan asesmen, baik AKMI dan ANBK.